catatan ceNul hari ini.. : five stars

Catatan cenul hari ini, Jumat, 23 januari 2009 Hari ini adalah hari pertamaku jualan donat , menyenangkan. Seru!!!, dan ada rizky dadakan yang lumayan. Alhamdulillah… Hehehe. Begini ceritanya… Jam delapanan pagi aku berangkat ke pabrik donat, rencana kegiatan hari ini adalah nganterin pesanan donat hasil survey pasar kemarin. Hari kemarin aku berhasil meyakinkan 12 pelanggan untuk memesan donat kepada kami. Ternyata mencari pelanggan dan myakinkan seseorang untuk mmbeli prodak kita begitu menyenangkan. Ada kepuasan tersendiri ketika kita berhasil menggaet pelanggan. Itu hari pertamaku, dan dari sana aku menyadari ternyata aku cukup punya kemampuan untuk berkomunikasi dalam bisnis. Membaca pasar, menarik minat pasar, dan cara melobi serta menghadapi seseorang dalam berbisnis. Itu yang aku pelajari kemarin. Untuk hari pertama aku dah berani ambil pesanan donat banyak, ya Alhamdulillah untuk hari pertama ini aku berhasil menggaet 12 titik tempat penitipan donat. Itu berarti dengan rata-rata 10 buah donat tiap titik aku berhasil mengambil 120 buah donat untuk pesanan hari ini. Jam sembilanan kurang aku keluar dari pabrik, siap nganterin donat ke tempat pelanggan. Tapi rencananya aku mampir ke rumah temenku dulu, selain satu arah, aku juga ada janji buat nawarin harga laptop baru buat bapaknya. Ternyata bapaknya lagi dimakasar, disana aku cuma bisa nemuin ibunya. Ternyata disana lagi rame. Adeknya banyak, keponakannya juga lagi kumpul. Niat maen ke rumah temen sebelum keliling anterin donat pesanan, eh tuh donat malah diserbu duluan ma ibu temenku itu. Hhehe.., Alhamdulillah.. pendapatan jadi lebih banyak. Si nyonya borong donat 20 buah, terdiri dari 8 donat kotak, dan 12 donat bundar. tiap donat aku jual Rp 1.500,-. Padahal aku ambil dari pabrik Rp 800,- untuk donat kotak dan Rp 750,- untuk donat bundar. Kalau dikalkulasikan keuntungannya Harga beli donat : Donat kotak = Rp 800,- x 8 buah = Rp 6.400,- Donat bundar = Rp 750,- x 12 buah = Rp 9.000,- Rp 15.400,- Harga jual donat = Rp 1500,- x 30 buah = Rp 30.000,- Laba = harga jual-harga beli = Rp 30.000 – Rp 15.400,- = Rp 14.600,- Wuiih.. lumayan gede kan?? ^_^, hampir separuh dari modal awal. Hehe.., gak sampek setengah jam aku maen kesana, duduk-duduk, ngobrol-ngobrol, eh dapat untung Rp 14.600 dapet minum teh manis pula. Hehehe… seneng banget. Bukan cuma soal uangnya, tapi ada kepuasan yang jauh lebih besar. Kepuasan berdagang. Bagiku juga menjual dan jadi distributor donat bukan cuma soal mencari uang tambahan, tapi aku memahaminya sebagai proses belajar, membentuk mental enterpreunership, jiwa wirausaha. Ya…, tujuan dan cita-cita besarku harus aku tanam sejak awal. Hehe.., sebenarnya aku tahu, aku telah menjual donat yang seharusnya sudah menjadi pesanan orang. Tapi bukankah tidak ada salahnya ketika kita memanfaatkan peluang yang ada. Seorang wirausaha harus pintar-pintar memanfaatkan peluang yang ada. Selama jujur, dan tidak merugikan orang lain, kenapa gak?? Iya kan??.. hihi.. hari ini aku juga jadi lebih bisa mengenal orang lebih banyak, orang-orang yang bergelut dibidang bisnis, orang-orang yang punya keberanian besar buat berwirausaha. Saling berbagi suka dan dukanya merintis suatu usaha. Aku semakin terpacu untuk segera menjadi wirausahawati sejati!!!. Aku ingin segera mngembangkan sayapku. Aku begitu menikmati keuntungan pertamaku hari ini. Alhamdulillah… ^_^ Saatnya melanjutkan pekerjaan sebenarnya, mengantarkan pesanan ke semua pelanggan. Oupst.., tapi tentunya harus balik ke pabrik dulu, buat ngisi stok pesanan yang terjual tadi.. hihi… kalo laku semua, hari ini berarti aku berhasil menjual 140 donat. Emmm.. kira-kira untungnya berapa ya??? Hoho.. Pelangaaan… aku datang!!!.  Five stars 4 this day PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN…sebuah komentar. Jumat, 16 Januari 2009. aku, tiwiQ, jinNy dan beberapa temen kuliahnya nonton film PBS (Perempuan Berkalung Sorban) di matos. Selama ini aku orang yang cukup milih dan selektif banget buat mutusin film apa yang layak dan patut aku tonton di bioskop. Selain alasan menghemat uang, juga terlalu sayang saja menghabiskan uang buat ngeliat film yang ceritanya gak lebih dari sinetron yang cuma pindah layar saja. Aku cukup tertarik dan penasaran dengan film ini ketika melihat judul dan cuplikan filmnya. Tema yang diangkat juga sangat menarik, sama dengan buku yang pernah aku baca 3-4 tahun yang lalu. Buku tentang kehidupan bangsawan pesantren di Jawa Timur. Kesanku tentang film ini… Bagus.bintang tiga. Akting Revalina cukup patut diacungi jempol, meski ada beberapa tokoh yang gak bagus banget aktingnya!!!

Iklan

~ oleh duniamayaku7b pada Januari 28, 2009.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: